Program PAUD Sejahtera 

Usia dini (0-6 tahun) adalah masa keemasan pertumbuhan otak yang hanya terjadi 1 kali seumur hidup. Sayangnya, banyak pendidik anak usia dini tidak dipersiapkan dengan baik untuk memaksimalkan masa ini. Selain itu, survey dari APC (statistic dari Education Giving Guide for Indonesia) menunjukkan bahwa hanya 2% kepala sekolah dinilai mampu untuk memotivasi guru. Ditambah lagi, kompensasi finansial bagi guru PAUD, terutama di desa, masih sangat rendah. Situasi ini urgen untuk diintervensi.

Meresponi itu, Yayasan Busur Emas menginisiasi program PAUD Sejahtera. Sebagai langkah awal, tanggal 23-24 Februari 2019 di Kab. Kebumen, dihadiri 21 guru PAUD dan Sekolah Minggu, telah dilakukan sharing visi dan survey terhadap potensi lokal setempat, yang bisa dikembangkan untuk mendatangkan penghasilan bagi para pendidik PAUD.


Dan langkah kedua telah diadakan kegiatan Training Coaching bagi pimpinan PAUD di Kabupaten Soe – NTT tanggal 20-21 Mei 2019 yang diikuti oleh : Pengelola PAUD, Pengurus Himpaudi dan IGTKI, serta Penilik PAUD.

Kegiatan lanjutan Program PAUD Sejahtera, dengan Pendampingan Coaching bagi para pimpinan PAUD di Kab. Soe – NTT dalam format kelompok, dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Juni 2019, berlokasi di Kantor Dinas Pendidikan Kab. Soe & Sekretariat YHMI. Dengan melakukan latihan praktik coaching dan kompetensi-kompetensi mengajar yang perlu diobservasi pada guru.


Pendampingan berikutnya akan dilaksanakan pada hari Jumat, 4 Oktober 2019 di Kab. Soe.

 

Yayasan Busur Emas membuka kesempatan bagi semua anggota Komunitas Busur Emas yang sudah belajar coaching untuk ambil bagian sebagai relawan. Untuk info lebih lengkap dapat menghubungi ibu Martha di 0813 8881 7820.