Syarat  Peserta Lulus, Program Certified Counseling Practitioner (CCP):

 

a. Peserta telah mengikuti seluruh pertemuan yaitu 3x tatap muka di kelas dan 5x kelas online(@ 3 jam via zoom).

  1. Peserta telah mengumpulkan semua tugas selama program CCP.
  2. Peserta telah mengikuti dan dinyatakan lulus ujian tertulis dan praktik.
  3. Sudah melunasi biaya kesertaan program CCP dan semua biaya keterlambatan pemasukan tugas paling lambat 7 hari sebelum ujian praktik.
  4. Minimum total nilai kelulusan program adalah nilai 80 (delapan puluh) dengan nilai minimal ujian praktik 75, ujian tertulis minimal 70.

 

Adapun bobot nilai dari seluruh tugas dan ujian sebagai berikut :

  • Reflective Jurnal : 10%
  • Supervisi di Kelas : 20%  (nilai oleh Supervisor)
  • Ujiantertulis : 10%  (nilai oleh Supervisor)
  • Ujianpraktik : 40%  (nilai oleh Supervisor)
  • Praktik Counseling (25 jam) & rekaman 1 kasus dan tugas bedah buku : 20%

Tugas dan Ujian

a. Tugas-tugas program CCP :

  • Counseling Reflective Journal (2 kasus) : 1 journal dikumpulkan pada pertemuan kelas kedua & 1 journal dikumpukan di pertemuan kelas ketiga
  • Rekaman praktik konseling (1 kasus) : dikumpulkan pada pertemuan kelas ketiga. Dikirim via google drive dan identifikasi potongan 5 menit yang akan disupervisi pada sesi online kedua
  • Laporan praktik konseling 25 jam yaitu :

–            Pertemuan kelas ke-2 : 5 jam pertama.

–            Pertemuan kelas ke-3 : 5 jam kedua.

–            Pertemuan kelas online ke- 3 : 5 jam ketiga.

–            Pertemuan kelas online ke-4 : 5 jam keempat.

–            Pertemuan kelas online ke -5 : 5 jam kelima.

  • Supervisi di kelas & supervisi online
  • Tugas baca dan bedah buku “Konseling dengan Pendekatan Pemecahan Masalah” sebanyak 2-3 halaman dikumpulkan paling lambat pada pertemuan online – 2.

Bagi peserta yang belum memenuhi ketentuan di atas untuk memenuhinya dalam waktu maksimal tiga bulan sejak tanggal surat ini. Apabila setelah lewat dari batas waktu yang ditentukan, maka peserta yang bersangkutan hanya akan menerima sertifikat sebagai observer dalam program CCP. Bila setelah itu peserta ingin melanjutkan kembali program sertifikasi CCP, akan dikenakan biaya aktivasi sebesar Rp. 500.000,- yang berlaku untuk durasi 1 tahun terhitung sejak surat aktivasi.

b. Ujian tertulis akan diselenggarakan di akhir pertemuan kelas ketiga.

c. Untuk ujian praktik peserta wajib mengirimkan kepada penyelenggara rekaman video percakapan konseling berdurasi minimal 45 menit & maksimal 60 menit, pada tanggal yang telah ditetapkan oleh penyelenggara.

d. Peserta hanya dapat mengirimkan rekaman percakapan konseling untuk keperluan ujian praktik apabila sudah mengumpulkan Lembar Counseling Log yang berisi laporan 25 jam praktik konseling & semua tugas di poin a.

e. Biaya keterlambatan pemasukan setiap tugas, rekaman untuk ujian praktik ataupun remedial rekaman ujian praktik adalah Rp. 200.000,- per item per 3 bulan.

f. Bila ada kewajiban yang masih perlu dilengkapi untuk memperoleh kelulusan, batas waktu penyelesaiannya adalah 1 tahun terhitung sejak tanggal ujian praktik. Apabila lewat dari satu tahun, peserta dikenakan biaya aktivasi  Rp. 500.000,- selain biaya keterlambatan di poin e.

 

Remedial

  1. Peserta yang dinyatakan remedial ujianpraktek, akanmenerimalembarpenilaiantertulisdandisediakan 3X sesi mentoring dalamwaktu 1 tahunsesuaijadwal
  2. Peserta yang remedial dapat menyerahkan rekaman percakapan konseling untuk dinilai. Rekaman dapat dikirimkan paling cepat 3 bulan dan paling lambat 12 bulan dari tanggal surat pengumuman hasil ujian praktik.
  3. Biaya setiap remedial ujian praktek dan kesempatan 3x mentoring 500.000,-.
  4. Bila peserta menginginkan supervisi di luar jadwal yang telah ditetapkan oleh penyelenggara, dapat mengajukan sesi supervisi extra dengan biaya Rp 200.000,- per sesi. Bila peserta sesi supervisi extra berjumlah 1 – 2 orang, sesi berdurasi 1 jam. Bila peserta sesi supervisi extra di atas 2 orang, sesi berdurasi 2 jam

 

Gelar CCP

  1. Peserta akan menerima sertifikat dan dapat memakai gelar CCP (Certified Counseling Practitioner) hanya jika sudah dinyatakan LULUS program CCP
  2. Masa berlaku gelar Certified Counseling Practitioner (CCP) adalah 3 tahun terhitung sejak tanggal yang tercantum disertifikat CCP dan dapat diperpanjang dengan syarat telah ikut  minimal 30 jam training/seminar konseling yang diakui oleh pihak Yayasan Busur Emas (dibuktikan dengan sertifikat) yang mencantumkan jumlah jam training/seminar yang diikuti. Peserta perlu berkomunikasi dengan pihak penyelenggara (YBE) untuk mengetahui apakah training yang akan/sedang /sudah diikuti merupakan training yang diakui penyelenggara. Keputusan merupakan hak sepenuhnya penyelenggara dan tidak dapat diganggu gugat. Adapun biaya perpanjangan Rp.500.000 berlaku untuk 3 tahun.

 

Lain lain

a. Peserta yang belum memenuhi jam kehadiran tatap muka dapat mengikuti pertemuan tatap muka pada batch berikutnya dengan membayar biaya Rp. 500.000,- per tatap muka.

Kelas online,bagi  peserta yang menginginkan supervisi online diluar jadwal yang telah ditetapkan penyelenggara, tersedia layanan supervisi extra dengan biaya Rp. 200.000/sesi (online).

b. Alumni berhak untuk mengikuti kembali (refresh) kelas tatap muka & kelas online dengan biaya khusus yang ditetapkan oleh penyelenggara.

c. Apabila ada hal yang kurang jelas, peserta dapat menanyakan langsung pada team CCP dan tidak dapat diwakilkan oleh pihak diluar peserta.

d. Pembelian rekaman audio sesi online

  • Peserta yang berhalangan mengikuti sesi online dapat membeli rekaman sesi online dimana yang bersangkutan berhalangan hadir sebagai pengganti absensi kehadiran di sesi online dengan biaya sebesar Rp. 200.000,- per rekaman (diberikan dalam bentuk link untuk mendownload rekaman). Rekaman hanya dapat mengganti kehadiran langsung, sebanyak maksimal 2x.

e. Bagi peserta yang tidak memenuhi ketentuan kewajiban yang telah ditetapkan untuk lulus dalam program CCP dalam waktu 1 tahun setelah tanggal ujian praktik maka peserta hanya akan menerima sertifikat sebagai observer dalam program CCP. Bila setelah itu peserta ingin melanjutkan kembali program sertifikasi CCP, akan dikenakan biaya aktivasi sebesar Rp. 500.000,- yang berlaku untuk durasi 1 tahun terhitung sejak surat aktivasi.

 

Hak dan kewajiban observer :

 

Kewajiban :

  • Kehadiran dan partisipasi penuh saat tatap muka.
  • Melunasi biaya kesertaan sebagai observer sesuai jumlah yang ditetapkan penyelenggara sebelum tatap muka ke -3 .
  • Menyelesaikan tugas baca & bedah buku yang ditetapkan penyelenggara

Hak :

  • Kehadiran dan partisipasi penuh saat tatap muka.
  • Sertifikat sebagai observer setelah menyelesaikan semua kewajiban.
  • Supervisi praktik saat tatap muka.

Undang Sebagai Pembicara :

6 + 4 =